Senin, 13 Juni 2011

Takaful Keluarga Siap Meluncurkan Dua Produk Baru


Ragam produk asuransi syariah akan bertambah. Juli 2011 nanti, Asuransi Takaful Keluarga akan meluncurkan dua produk baru, yaitu Takafulink Salam Cendekia dan Takafulink Kumpulan. Sesuai namanya, Takafulink menyasar nasabah korporasi. Sedangkan Takafulink Salam Cendekia mengincar nasabah individu. " Kedua produk tersebut merupakan repackage produk lama," kata Presiden Direktur Takaful Keluarga Trihadi Deritanto.

Takafulink Salam Cendekia merupakan inovasi produk lama Takaful Dana Pendidikan (Fulnadi), yang merupakan produk asuransi pendidikan murni. "Sedangkan Salam Cendekia merupakan produk asuransi pendidikan berbasis investasi di pasar modal, dengan tahapan pendidikan dari jenjang Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Universitas," kata Rina Elviroza, Kepala Divisi Aktuaris Takaful Keluarga.

Kepala Departemen Investasi Takaful Keluarga Yusep Sidik Faziri menjelaskan, Takafullink Salam Cendekia memiliki empat pilihan investasi. Pertama, investasi di pendapatan tetap dan pasar uang syariah sekitar 80%- 100% .Imbal hasil produk bernama Salam Istiqomah ini setara deposito.

Kedua, investasi di saham sebesar 40%, sisanya obligasi syariah dan deposito. Produk bernama Salam Mizan ini menjanjikan imbal hasil 12% - 13% per tahun.

Ketiga, Salam Ahsan, dengan investasi di saham maksimal 70%. Produk ini menjanjikan imbal hasil 18% -22%per tahun.

Keempat, Salam Alia dengan investasi paling agresif. Minimal, 80% dana diinvestasikan di saham dan sisanya di pasar uang. Imbal hasilnya diperkirakan 25% per tahun. "Preminya minimal Rp 300.000 per bulan," kata Rina.

Aturan main produk asuransi ini mirip tabungan. Pemegang polis bisa mencairkan polis mereka pada suatu jangka waktu tertentu. Takaful Keluarga memprediksi, pemegang polis akan terfokus pada produk Salam Mizan, karena memiliki pilihan investasi yang tidak terlalu konservatif namun cukup aman.

Peluncuran Takafulink Salam Cendekia merupakan salah satu strategi investasi untuk menanamkan pengaruh di pasar asuransi. Lewat produk ini, Takaful Keluarga berharap bisa berkompetisi di pasar, sekaligus menjadi amunisi bagi para agen untuk bersaing di pasar. Targetnya, hingga akhir tahun 2011, produk ini dapat berkontribusi 30% - 40% ke Takaful Keluarga.

Sementara Takaful Link Kumpulan menyasar perusahaan yang memasang premi mulai Rp 100.000 per bulan per orang. Targetnya produk ini bisa memberikan kontribusi 30% dari perkiraan pendapatan premi tahun 2011.

Tahun ini Takaful Keluarga mematok target pendapatan premi sebesar Rp 435 miliar atau 40% lebih besar daripada premi tahun 2010. Adapun target laba 2011 naik 13,5% atau sekitar Rp 13,62 miliar daripada laba tahun 2010.

Tidak ada komentar: