Rabu, 01 Juli 2009


Layanan Sama Sistem Berbeda


Ini adalah pengalaman pribadi saat akan mencoba memanfaatkan layanan perbankan syariah. Untuk koneksi internet saya memanfaatkan layanan dari salah satu penyedia layanan broadband yang cukup terkenal. Tidak usah saya sebutkan nanti dikira promosi. He...! Nah, karena di perusahaan tempat saya bekerja sudah memakai salah satu bank syariah nasional saya bermaksud untuk membayarnya lewat bank tersebut. Tetapi agak kecewa ketika akhirnya mengetahui bahwa saya tidak bisa membayarnya lewat bank tersebut karena belum ada layanan yang saya maksudkan. Dengan bersungut-sungut saya harus berjalan keluar kantor untuk membayarnya lewat bank konvensional. Untung cukup dekat, hanya beberapa langkah saja.
Kita semua, para nasabah, tentu sangat senang jika pelayanan bank syariah tidak jauh berbeda dengan bank konvensional. Sistemnya saja yang berbeda, soal layanan harus sama dong! Oleh karena itu kita berharap demikian, bahkan kalo bisa lebih baik. Bukankah sudah saatnya kini mewujudkan brand baru perbankan syariah, Beyond Banking? Sebuah citra baru yang dirancang untuk mengubah dari brand lama bank syariah sebagai bank yang adil dan menentramkan, menjadi bank yang lebih dari sekedar bank.

Dengan brand baru itu perbankan syariah di masa depan diharapkan juga mempunyai fasilitas layanan yang bisa diandalkan. Juga memiliki produk dengan skema keuangan perbankan yang variatif. Dari Grand Strategy yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI), value Lebih Dari Sekedar Bank mengandung dua benefit. Yakni Functional Benefit dan Emotional Benefit. Secara Functional Benefit, nasabah akan mendapatkan layanan bank syariah dengan akad syariah yang beragam yang memberikan variasi pilihan produk untuk memenuhi berbagai kebutuhan transaksi. Nasabah akan mendapatkan keuntungan atau bagi hasil yang lebih besar dibandingkan bank konvensional. Nasabah bisa menggunakan skema yang tidak bisa ditawarkan oleh perbankan syariah. Daris sisi Emotional Benefit, nasabah akan mendapatkan layanan perbankan yang sesuai dengan tuntutan syariah, mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar dibandingkan jika menggunakan perbankan konvensional. Nasabah juga akan mendapatkan sistem yang transparan dan adil sehingga menciptakan keuntungan bagi kedua belah pihak, nasabah dan bank. Semoga.
Nah masalah-masalah kecil seperti yang pernah saya jumpai diatas sering kali dialami oleh banyak orang. Lalu timbul kesan bahwa perbankan syariah belum setara dengan bank konvensional dalam hal layanan kepada nasabah. Belum lagi anggapan bahwa bank syariah adalah bank bagi orang Islam utamanya mereka yang mau naik haji. Nah, lho?


1 komentar:

Lina Gustina mengatakan...

Seharusnya layanan Bank Syariah bisa lebih baik dari bank konvensial ya... Sekarang kalau untuk urusan bisnis kita masih jarang yang pake Bank Syariah.