Minggu, 26 Desember 2010

Qatar, Negara Penyelenggara Piala Dunia 2022



FIFA telah membuat keputusan untuk memilih Qatar, salah sebuah negara kaya penghasil minyak yang juga mengembangkan perbankan syariah, untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Qatar menghadapi persaingan yang ketat dari Amerika Serikat, tapi Komite Eksekutif FIFA akhirnya memilih Qatar.

Negara lain yang menawarkan sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 adalah Korea Selatan, Jepang, Australia dan Amerika Serikat. Tetapi Korea Selatan, tuan rumah bersama Piala Dunia 2002 itu nampaknya sudah melihat bahwa impian mereka akan berantakan, sementara Amerika Serikat dan Australia hanya berpeluang tipis.



Voting dilakukan oleh Komite Eksekutif FIFA di bawah struktur yang sama sebagaimana untuk pemilihan sebelumnya, yakni Piala Dunia 2018, yang dimenangkan oleh Russia.

Negara yang beribukota di Doha itu akan menjadi yang pertama kalinya dalam sejarah bahwa Qatar mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah turnamen sepakbola dunia yang paling penting. Namun, mereka akan memiliki pengalaman menyelenggarakan tournamen sepakbola tingkat dunia. Qatar adalah negara tuan rumah Piala Asia 2011.

Sejarah sepakbola mencatat pasca Piala Dunia 2002 di Korea Selatan dan Korea Utara, maka World Cup 2022 Qatar akan menjadi yang kedua kalinya dalam sejarah bahwa Piala Dunia akan diselenggarakan di Asia.

Menurut www.goal.com, Qatar, negara seluas 11.437 kilometer persegi ini ada di peringkat 113 FIFA.

Tidak ada komentar: